Tentang Prodi

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1 KEBIDANAN

Profil lulusan Pendidikan Profesi Bidan STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap mengacu pada Perpres No 12 tahun 2008 tentang KKNI, yaitu pada level 7 sebagai berikut:

  • Care Provider

Bidan berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan komprehensif dan profesional pada perempuan sepanjang siklus reproduksinya yang meliputi masa remaja, pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, Bayi baru lahir, bayi, balita, dan pra sekolah, pre menopause,kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana, utamanya pada pengelolaan kasus HIV/AIDS di tatanan pelayanan dasar dengan melibatkan keluarga dan masyarakat sesuai kode etik profesi.

  • Communicator

Bidan berperan sebagai komunikator dalam memberikan informasi dan edukasi, mengkomunikasikan kebijakan, menyampaikan argumen/pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan pengembangan profesi, utamanya dalam pengelolaan kasus HIV AIDS di pelayanan tingkat dasar.

Bidan juga mampu menyampaikan ide-ide, gagasan, pemikiran, dan karya inovasi untuk peningkatan pelayanan kebidanan serta mampu menjadi change of behaviour

  • Community Leader

Bidan mampu mengkomunikasikan kebijakan, advokasi, dan menyampaikan pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi bidan serta menjadi agen pembaharu dalam pelayanan kesehatan utamanya dalam pengelolaan kasus HIV AIDS di pelayanan tingkat dasar.

  • Decision Maker

Bidan berperan sebagai pengambil keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis,kreatif dan  strategis dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, dan pelayanan kontrasepsi.

Bidan mampu mengambil keputusan secara professional berdasarkan kewenangan dalam melakukan asuhan kebidanan baik secara mandiri maupun kolaborasi di berbagai fasilitas kesehatan.

  • Manager

Bidan berperan sebagai pengelola layanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana dengan memanfaatkan IPTEKS serta memperhatikan potensi sosial budaya dan sumber daya secara efektif dan efisien.

Bidan mampu mengelola pelayanan kebidanan dengan secara professional dalam tugas secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dalam konteks asuhan kepada individu, keluarga dan masyarakat.

Bidan yang bekerja di instansi fasilitas kesehatan mampu berperan sebagai manager atau pengelola (Rumah Sakit, Puskesmas, Praktik Mandiri Bidan).